Ketahui Kebijakan Baru Masuk PTN dan Perubahannya!

gambar tersebut menyebutkan tentang kebijakan baru masuk PTN Kategori : pengetahuan gambar tersebut menyebutkan tentang kebijakan baru masuk PTN Kategori : pengetahuan

Ketahui Kebijakan Baru Masuk PTN dan Perubahannya!

Kebijakan baru masuk PTN akan mulai diterapkan pada tahun depan yaitu tahun 2023. Dalam kebijakan baru tersebut akan ditambahkan beberapa syarat tertentu. Adapun perubahan kebijakan baru dalam seleksi masuk PTN ini sendiri akan mencakup semua jalur baik itu SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri.

Tujuan dari diberlakukan perubahan atau kebijakan baru pada seleksi masuk perguruan tinggi dimaksudkan agar bisa mendorong pembelajaran secara menyeluruh. Jadi pembelajaran bisa lebih fokus pada kemampuan penalaran, lebih transparan, dan lebih inklusif.

Tak hanya itu saja adanya kebijakan tersebut diharapkan mampu mengakomodasi keragaman pendidikan agar lebih terintegrasi. Lantas seperti apa perubahan kebijakan baru untuk masuk ke PTN? Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini!

Kebijakan Baru Masuk PTN

Transformasi kebijakan baru masuk PTN akan mencakup tiga jalur masuk. Adapun jalur masuk tersebut diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan seleksi Mandiri.

  1. Transformasi Kebijakan Baru PTN Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN)

Sebelumnya sistem SNMPTN akan membatasi pilihan program studi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah. Akibatnya siswa dari jurusan IPA hanya dapat mengambil program studi dari rumpun ilmu Saintek saja. Aturan tersebut juga berlaku untuk jurusan IPS.

Selanjutnya hanya mata pelajaran tertentu saja yang dianggap penting yaitu mata pelajaran yang berhubungan dengan prodi yang ingin dipilih. Akibatnya banyak peserta didik yang tidak bisa berfokus pada mata pelajaran secara holistik. Padahal di masa yang akan datang siswa akan memerlukan kompetensi holistik dan lintas disipliner.

Untuk itulah seleksi masuk melalui SNMPTN ini diubah bagian pemeringkatannya berdasarkan berikut ini:

  • Rerata nilai rapor semua mata pelajaran minimal adalah 50%
  • Nilai komponen penggali minat dan bakat maksimal adalah 50%. Adapun komponen ini sendiri mencakup:
  • Nilai raport dari maksimal dua mata pelajaran pendukung
  • Prestasi
  • Portofolio khusus untuk program studi seni dan olahraga.

Pihak perguruan tinggi negeri memiliki hak untuk menentukan komposisi persentase dari komponen satu dan 2 dengan total keseluruhan adalah 100%. Adapun penentuan tersebut biasanya berbeda antara prodi dalam PTN yang sama.

  1. Transformasi Kebijakan Baru Masuk PTN Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN)

Sebelum kebijakan baru masuk PTN SBMPTN mempunyai banyak sekali mata pelajaran yang diujikan. Namun pada seleksi SBMPTN di tahun 2023 mendatang tidak akan ada lagi tes mata pelajaran dan teman-temannya.

Jadi tesnya akan lebih disederhanakan menjadi satu tes saja yaitu tes skolastik. Tes tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah yang terdiri dari:

  • Penalaran Matematika
  • Potensi Kognitif
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia
  • Literasi dalam bahasa Inggri

Jadi seleksi hanya dilakukan dengan tes yang memiliki hubungan dengan kemampuan bernalar dan problem solving bukan hafalan saja. Untuk itulah kamu juga tak perlu khawatir lagi dengan keharusan menghafal materi belajar. Sebaliknya kamu bisa lebih fokus pada penalaran dan pemahaman yang lebih mendalam.

  1. Transformasi Kebijakan Baru Masuk PTN Jalur Mandiri

Selain SNMPTN dan SBMPTN jalur mandiri juga akan mengalami perubahan dan transformasi menggunakan kebijakan baru masuk PTN. Sebelumnya dalam jalur ini ada banyak sekali jenis mekanisme seleksi jalur mandiri antar PTN.

Namun tahun mendatang pemerintah akan mengatur supaya proses seleksi mandiri oleh PTN ini harus berdasarkan seleksi akademis. Selain itu seleksi ini dilarang dihubungkan dengan tujuan komersial.

Sebelum proses seleksi mandiri dimulai pihak PTN diharuskan untuk mengumumkan beberapa hal diantaranya:

  • Jumlah keseluruhan calon siswa yang nantinya akan diterima oleh masing-masing program studi atau fakultas yang ada di PTN tersebut
  • Metode penilaian dari calon mahasiswa juga harus terdiri dari beberapa hal seperti:
  • Tes secara mandiri
  • Kerjasama tes lewat konsorsium perguruan tinggi
  • Menggunakan nilai SBMPTN
  • Cara penilaian calon mahasiswa lainnya yang juga diperlukan
  • Besarnya biasa atau cara penentuan jumlah biaya yang akan dibebankan untuk calon mahasiswa yang lulus seleksi

Adapun setelah proses seleksi melalui jalur Mandiri selesai pihak PTN juga diharuskan untuk mengumumkan lagi beberapa hal diantaranya:

  • Total semua peserta seleksi yang lolos seleksi dan sis kuota yang belum terisi atau masih kosong
  • Masa sanggah dilakukan selama lima hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi dilaksanakan
  • Tata cara untuk melakukan penyanggahan hasil seleksi

Dengan aturan baru tersebut diharapakan proses seleksi bisa lebih transparan. Kendati demikian calon mahasiswa juga harus memiliki persiapan dengan baik agar bisa lolos seleksi