Beda Kapasitas Oli Mesin Agya 1.000 CC dan Perawatannya

gambar tersebut menyebutkan tentang kapasitas oli mesin mobil agya 1000 cc gambar tersebut menyebutkan tentang kapasitas oli mesin mobil agya 1000 cc

Beda Kapasitas Oli Mesin Agya 1.000 CC dan Perawatannya

Ada perbedaan khusus di kapasitas oli mesin Agya 1.000 CC. Cek di sini juga tentang perawatannya. Anda bingung soal kapasitas oli mesin Agya 1.000 cc? Kebingungan itu masih ditambah dengan merek oli, varian harga, dan jarak tempuh. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Berbagai hal tentang Agya memang perlu dikulik lebih dalam lagi.

Oli merupakan pelumas paling penting bagi performa mesin Agya. Ibaratnya, oli adalah darah yang menggerakkan komponen-komponen mesin. Saat berbagai komponen mesin ini tidak diberi oli, efeknya adalah gesekan antar logam. Efeknya adalah kerusakan di logam yang kemudian menjalar ke kualitas performa mesin Agya.

Agya memiliki dua jenis tipe mesin, yaitu Agya 1.000 cc dan Agya 1.200 cc. Setiap mesin memiliki kapasitas oli berbeda-beda. Kapasitas oli mesin Agya 1.000 cc adalah 3 liter. Sedangkan kapasitas oli mesin Agya 1.200 cc adalah 4 liter.

Walaupun memiliki perbedaan, secara garis besar, komponen-komponen yang ada di Agya sebenarnya hampir sama. Karena itu, perawatannya juga tidak jauh berbeda. Tapi dengan catatan, pemilik Agya harus sering melakukan perawatan rutin.

Salah satu cara ampuh mengenali berbagai komponen di Agya adalah sering melakukan perawatan rutin sendiri. Ada beberapa perawatan rutin yang bisa Anda lakukan sendiri pada Agya kesayangan.

Tujuan perawatan rutin adalah untuk menjaga performa setiap komponen dan mengetahui bila ada kerusakan di setiap komponen. Dengan begitu, Anda bisa mengenali dan mengetahui perkembangan kondisi setiap komponen. Jadi tidak mudah tertipu mekanik nakal.

  1. Cuci mobil

Mencuci mobil adalah perawatan pertama dan paling mudah yang bisa Anda berikan pada Agya kesayangan.

Tampilan Agya adalah jati diri Anda. Oleh sebab itu, usahakan mencuci mobil Anda sesering mungkin. Minimal, lakukan pencucian sekali seminggu.

Saat Anda mencuci mobil, Anda akan mengetahui kondisi setiap permukaan. Anda bisa mendeteksi berbagai lecet atau penyok-penyok yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengatasinya.

  1. Penggantian oli mesin

Seperti dikatakan di awal, oli mesin Agya adalah darah utama. Menjaga kondisi darah berarti menjaga tubuh Agya.

Mengganti oli adalah salah satu bentuk perawatan darah. Semua mobil perlu melakukan tindakan ganti oli. Sebab bila oli tidak diganti, efeknya adalah kotoran yang menumpuk di saluran oli dan berbagai komponen mesin.

Kalau sudah menumpuk begitu, suara mesin dijamin kasar dan dalam waktu pendek akan membuat mesin overheat dan mogok. Hindari kondisi tersebut dengan rutin melakukan penggantian oli.

Mengganti oli pun tidak bisa asal begitu saja. Sesuaikan tingkat kekentalan oli dengan yang dibutuhkan mesin Agya Anda. Mobil Agya membutuhkan kekentalan oli berkode SAE 5W-30. Anda bisa mendapatkan berbagai produk oli berkode tersebut di pasaran.

Untuk kapasitas oli mesin Agya 1.000 cc adalah 3 liter. Belilah oli sesuai dengan kebutuhan kapasitas oli. Jangan sampai berlebihan dan kekurangan. Porsi yang pas adalah kuncinya.

Selain itu, jangan pernah menambah oli Agya tanpa mengganti oli yang lama. Penggantian oli secara rutin dan periodik menentukan performa mesin dan usia Agya kesayangan Anda.

  1. Perawatan aki dan busi

Merawat aki adalah tindakan penting dan mampu membuat Anda mengenali Agya kesayangan.

Lakukan perawatan terminal aki dari kotoran dan kerak yang menempel. Bila Agya milik Anda memakai aki basah, jangan lupa cek kuantitas air aki. Bila perlu diisi, segera lakukan pengisian.

Setelah aki dicek, segera berpindah ke komponen busi. Dua komponen ini adalah komponen utama kelistrikan mobil Agya Anda. Bila salah satu bermasalah, maka seluruh bagian mobil akan terkena efeknya.

Cek apakah busi sudah menghitam? Jika perlu diganti segera lakukan penggantian busi. Dengan begitu, Anda akan menjaga kemampuan busi untuk menghasilkan percikan api bagi mesin.

Tiga perawatan dasar itu penting untuk menjaga performa mesin Agya kesayangan Anda. Bila Anda sudah tidak bingung lagi dengan kapasitas oli mesin Agya 1.000 cc, inilah waktu Anda untuk saling menyapa dengan Agya Anda. Lakukan perawatan Agya Anda sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mengenali setiap bagian komponen Agya milik Anda.