Tips Membentuk Kebiasaan Baik di Tahun Baru

gambar tersebut menyebutkan cara membentuk kebiasaan baik gambar tersebut menyebutkan cara membentuk kebiasaan baik

Tips Membentuk Kebiasaan Baik di Tahun Baru

Menjelang akhir tahun, kita biasanya membuat resolusi tahun baru sebagai langkah awal untuk menjadi individu yang baru. Berkaca dari resolusi tahun-tahun sebelumnya, mungkin ada beberapa hal yang sudah terwujud atau malah tidak satu pun. Mungkin, tahun ini adalah tahun yang tepat bagi Anda untuk mewujudkan semuanya.

Tips untuk Membentuk Kebiasaan Baik di Tahun Baru

Memulai sesuatu yang baru, apa pun itu memang berat, tetapi jika Anda membuatnya menjadi kebiasaan, hal itu kemungkinan besar akan berhasil! Sebagai contoh, resolusi tahun baru Anda adalah menurunkan berat badan, tetapi Anda tidak menjadikan pola makan sehat dan olahraga sebagai kebiasaan, maka tujuan tersebut tentu tidak akan tercapai. Berikut adalah 4 strategi untuk menumbuhkan kebiasaan baru demi mencapai tujuan:

1. Buat Jadi Mudah. 

Seandainya lari pagi setiap hari tidak seberat berjalan ke kafe kesayangan untuk memesan secangkir kopi…

Sayangnya, kenyataannya tidak seperti itu. Meskipun kita sudah tahu bahwa untuk membentuk kebiasaan baru dibutuhkan usaha dan niat yang kuat, ada juga yang percaya bahwa sesuatu itu harus diawali dengan keterpaksaan, lama-lama jadi kebiasaan. Namun, menurut ilmu psikologi, hal itu dianggap kurang tepat.

Anda tidak akan bisa membentuk kebiasaan baru hanya dengan mengandalkan niat yang kuat saja. Terkadang, Anda mungkin akan sangat termotivasi untuk melakukan sesuatu, tetapi di hari lain, Anda hanya ingin bermalas-malasan tanpa melakukan apa pun. Motivasi Anda mungkin akan dipengaruhi mood, cuaca, dan faktor lain. Salah satu cara untuk mengatasi naik turunnya motivasi diri adalah membagi-bagi kebiasaan baru menjadi bagian-bagian kecil.

Sebagai contoh, Anda ingin memulai lari pagi setiap hari sebelum berangkat kerja. Daripada langsung mulai dengan target 30 menit, mulailah dengan target 5 menit terlebih dahulu. Saat motivasi Anda rendah, lari selama 5 menit tentu tidak terlalu berat. Sementara saat motivasi Anda lebih tinggi, ada kemungkinan Anda akan menambah waktu lari menjadi lebih lama. Seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit,” Anda tidak perlu mulai dengan sesuatu yang besar. Tujuannya adalah untuk mempermudah langkah awal Anda. Ketika kebiasaan lari pagi selama 5 menit setiap hari telah terbentuk, akan lebih mudah untuk menambah waktu lari hingga tujuan 30 menit per hari Anda tercapai. Seiring berjalannya waktu, niat dan motivasi Anda akan bertambah, yang nantinya akan mempermudah Anda untuk menjalani kebiasaan tersebut.

  1. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung.

Cara untuk menciptakan kebiasaan baru lainnya adalah menciptakan lingkungan yang mendukung Anda untuk meraih tujuan dan menghilangkan distraksi yang menghambat kemajuan.

Sebagai contoh, hambatan terbesar Anda untuk berolahraga setiap pulang kerja adalah kehangatan kamar dan kenyamanan sofa yang mengundang Anda untuk duduk bermalas-malasan sambil menonton TV. Solusinya: Bawa perlengkapan olahraga Anda ke kantor, ubah jadwal olahraga Anda menjadi sebelum pulang ke rumah.

3. Sandingkan dengan Rutinitas Anda. 

Memulai kebiasaan baru berarti Anda harus ingat untuk melakukannya. Hal ini mungkin terdengar mudah, tapi kesibukan dan tekanan hidup kadang membuat orang lupa untuk memulai suatu kebiasaan baru. Membuat pengingat di ponsel pintar atau alarm mungkin bisa membantu, tapi akan lebih mudah jika Anda menerapkannya bersama dengan rutinitas yang sudah ada.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menurunkan berat badan, lakukan 15 kali squat setiap kali Anda selesai menyikat gigi di malam hari.

4. Nikmati prosesnya. 

Jika Anda kesulitan membentuk kebiasaan baru, jangan putus asa. Membentuk kebiasaan merupakan proses coba-coba (trial and error), dan hasilnya tidak sama untuk semua orang. Belajar dari kesalahan Anda. Jika cara yang satu tidak berhasil, cobalah cara yang lain. Nikmati saja prosesnya! Jika kebiasaan baru yang ingin Anda bentuk adalah makan kue setiap hari, ada kemungkinan hal itu akan terjadi dengan mudah, karena makan kue itu menyenangkan (tapi berat badan Anda tidak akan turun!). Cobalah untuk membuat semua kebiasaan baru menjadi menyenangkan. Jika Anda sangat suka mendengar podcast atau audio book, cobalah hanya dengarkan jika Anda sedang berlari saja. Jangan terlalu keras dengan diri Anda sendiri jika gagal. Sebaliknya, puji diri Anda untuk setiap kesuksesan.