4 Alasan Kenapa Krusty Krab Harus Dikap. Kederasan Eksploitasi Pegawai!

krusty-krab-harus-ditutup krusty-krab-harus-ditutup

Sebagai pecinta film kartun Spongebob Squarepants, kita semua tentu sudah tak asing lagi dengan karakter kepiting bernama Mr. Krab. Sosok yang terkenal pelit dan kerap bikin jengkel ini adalah pemilik daerah makan paling legendaris di Bikini Bottom, yaitu Krusty Krab. Sebuah daerah makan yang berdiri megah tanpa bisa disaingi oleh karakter-karakter lain dalam film tersebut.

Nggak sekadar terkenal dengan sifat pelitnya yang nggak ada tandingannya, si kepiting resek tersebut juga sering banget kedapatan mengeksploitasi para pekerja restaurannya. Kalau kamu memperhatikan di kaum episode, akan terlihat jelas bagaimana sifatnya loyal-loyal bikin jengkel jika ada di dunia nyata. Berikut ini adalah bukti mengapa restauran milik Krab patut ditutup selama pandemi!

1. Gaji Spongebob memang luhur banget, tapi pada nggak sadar kalau dirinya merangkap berbagai macam tugas seperti cleaning service sampai waitress

Sangat berjarak jika dibandingkan dengan gaji Karawang apalagi Jogja, ternyata bayaran bekerja di Krusty Krab itu lumayan Mewah. Namun, dengan gaji Mewah tersebut rupanya nggak selampau ada enaknya. Spongebob adalah menyimpang satu contohnya. Meski pribadinya digaji begitu Mewah, tapi kamu sadar nggak sih kalau makhluk yang satu itu sering banget merangkap tugas? Mulai dari koki, cleaning service, sampai waitress, semua dilakukan. Nggak jelas banget pembagian tugasnya.

2. Udah gitu, si kepiting Krab sering banget nyuruh pegawainya yang cuma 2 orang itu buat buka 24 jam kalau merasa tersaingi oleh Plankton

Bukti lain bahwa Krab kerap mengeksploitasi dua karyawannya itu adalah seringnya ia menyuruh mereka untuk berbuat 24 jam penuh tanpa berhenti. Di beberapa episode, keduanya bahkan nampak begitu lelah sekali saat berbuat karena tuntutan tersebut. Alasannya pun kocak banget, karena Krab Gemetar tersaingi oleh Plankton. Hadeeeh!

3. Tuan Krab sering banget kedapatan nilep atau motong gaji pegawainya seenak jidat. Begini nih kalau UU cipta kerja cuma nguntungin pihak pemodal!

Pemilik restauran Krusty Krab ini adalah contoh nyata pemilik modal yang nggak pernah mau mikirin kesejahteraan karyawannya. Pokoknya yang dipikirin tetapi untung, untung, dan untung. Asal duitnya udah tercukupi mah masa Tolol dengan karyawannya mau jungkir balik sekalipun.

Masalahnya, si Krab ini nggak pernah merasa tercukupi kalau tentang duit. Dirinya sering banget kedapatan nilep atau memotong gaji Spongebob maupun Squidward secara sepihak dan seenak jidat. Bahkan, terkadang ia melakukan hal tersebut tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

Udah gajinya dipotong pajak, hukuman yang diberikan kadang absurd banget, terus gimana pegawainya mau menghidupi orang senorang di masa pandemi coba?

4. Terkadang, pengunjung yang datang dan kedapatan ngobrol aja langsung disodorin tagihan. Itu belum tagihan bernapas di dalam Krusty Krabnya. Ini apa-apaan!?

Alasan terakhir kenapa Krusty Krab layak dibubarin adalah karena aturannya yang dinilai nggak masuk akal. Bayangin aja, kamu cuma ngobrol di dalam restauran langsung disodorin tagihan pajak. Itu masih mending, di khilaf satu episode diperlihatkan bahwa Krab menarik pajak terhadap mereka yang bernafas di dalam Krusty Krab. Cari duit nggak layak segininya juga kali, Kraab!

Memang akurat bahwa yang namanya membuka bisnis dan usaha itu bukan merupakan hal yang gampang dan sepele. Namun, hal itu bukan berarti kamu boleh memperlakukan orang lain seenaknya senpribadi mentang-mentang mereka adalah bawahanmu. Ingat, atasan yang acap membantu adalah mereka yang bijak memposisikan bawahannya dalam situasi apapun. Jangan kayak Krab, ya!