Bandai Namco Merilis Gundam Metaverse Project!

Oleh : Bustommyzw | 2022-04-06 08:04:40

Pada tanggal 29 Maret lalu, Bandai Namco telah mengadakan ajang khusus bertajuk 3rd Gundam Conference. Ajang tersebut telah memberikan informasi seputar pengumuman beragam project menarik seperti anime terbaru yang akan rilis berjudul The Witch from Mercury.

Bandai Namco juga telah memberikan informasi lebih lanjut mengenai projek IP Gundam Metaverse Project. Project ini, digadang gadang mampu menjadi platform yang mampu dimanfaatkan para penggemar di seluruh dunia untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Konsep Gundam Metaverse Project

Langkah pertama yang akan diusung Gundam Metaverse Project ini adalah membuat komunitas virtual dengan berbagai kategori. Kategori tersebut diantaranya gunpla, game, anime dan musik. Keempat komunitas virtual tersebut nantinya akan dihubungkan dengan satu sama lain menggunakan sistem Bandai Namco ID.

Setelah itu, masing-masing ruang virtual akan dibangun dengan rancangan konsep koloni luar angkasa dari franchise Gundam. Setiap koloni akan dihubungkan dengan Gundam Metaverse hub. Nantinya, setiap kelompok koloni akan disebut dengan Side-G. Namun, perlu diperhatikan, jika saat ini belum diketahuiebih lanjut bagaimana para pengguna dapat mengakses koloni virtual tersebut - yang pasti, Bandai Namco telah menjanjikan bahwa Gundam Metaverse Project akan terhubung dengan dunia nyata.

Contoh bagian kecil dari Gundam Metaverse Project akan mengusungkonsep ilustrasi mengenai dunia virtual Gunpla Colony. Konsep ini memiliki rancangan terstruktur seperti The Gundam Base Virtual World yang diuji cobakan pada tahun 2021. Gunpla Colony ini akan memiliki ruang yang dapat dikustomisasi oleh para pengguna dan mereka juga dapat memindai gunpla mereka agar dapat digunakan dalam pertarungan. Kurang lebih konsep ini mirip dengan yang terdapat dalam anime Gundam Build Divers. Pasalnya, Gunpla Colony akan membuka uji coba terbatas pada musim gugur tahun ini

Contoh koloni lainnya seperti Esports Colony. Ruang virtual ini digarap berdasarkan beragam game multiplayer bertemakan Gundam seperti Gundam Evolution dan Gundam Battle Operation 2. Besar kemungkinan jika ruang virtual ini akan digunakan dalam event-event Esport mendatang.

Hal paling menarik dalam presentasi Gundam Metaverse Project ialah bagaimana penjelasan pohak Bandai Namco mengajak perusahaan lain untuk bergabung dengan pasar Gundam yang mereka bangun. Bandai Namco sedang mencari perusahaan yang dapat mengatur bisnis C2C (Customer-to- Customer) dalam bentuk UGC (User-Generated Content).

C2C adalah sebuah model bisnis dimana para pelanggan dapat berinteraksi dan bertransaksi dengan satu sama lain, contohnya seperti Shopee dan Tokopedia. Pada game online, hal seperti ini sudah biasa diadakan dalam bentuk rumah lelang dalam game. Yang menarik adalah konsep UGC yang identik dengan mekanisme Play-to-Earn dan NFT yang sedang trending saat ini. Tidak menutup kemungkinan jika kedua mekanisme tersebut diterapkan mengingat sebelumnya Bandai Namco menunjukkan ketertarikannya dalam mata uang kripto.
Tags : Game, Metaverse, Gundam